Selasa, 12 Maret 2013

Ellesmere

Ellesmere Island, Canada
Pulau Ellesmere(Inuit: Umingmak Nuna, yang berarti "tanah Muskox") merupakan bagian dari Daerah Qikiqtaaluk dari wilayah Kanada Nunavut. Berada dalam Kepulauan Arktik Kanada, itu dianggap bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth, dengan Cape Columbia menjadi titik paling utara tanah di Kanada. Ini terdiri
dari area seluas 196.235 km2 (75.767 mil ²) dan panjang total pulau adalah 830 kilometer (520 mil), sehingga pulau terbesar kesepuluh di dunia dan pulau terbesar ketiga di Kanada. Arktik Cordillera adalah sistem gunung meliputi banyak di Pulau Ellesmere, sehingga yang paling bergunung-gunung di kepulauan Arktik Kanada. Pohon willow Arktik adalah jenis tumbuhan berkayu hanya untuk tumbuh di Pulau Ellesmere.

Sejarah

Para penduduk manusia pertama Pulau Ellesmere adalah suku kecil yang berada di daerah untuk berburu Peary caribou, muskox, dan mamalia laut sekitar 2000-1000 SM.
Seperti halnya Dorset (atau Palaeoeskimo) pemburu dan perintis Neoeskimos, Pulau Post-Ruin dan Late Thule budaya Inuit menggunakan wilayah Semenanjung Bache luas baik musim panas dan musim dingin sampai keadaan lingkungan, ekologi dan sosial mungkin menyebabkan daerah menjadi ditinggalkan. Itu adalah wilayah terakhir di Kutub Utara Tinggi Kanada selama "Little Ice Age," membuktikan kepentingan umum ekonomi sebagai bagian dari lingkup Budaya Smith Sound kadang-kadang bagian dan kadang-kadang komponen pemukiman utama.
Viking dari koloni Greenland mencapai Pulau Ellesmere, Pulau Skraeling dan Pulau Ruin selama ekspedisi berburu dan perdagangan dengan kelompok Inuit. Struktur yang berbeda pada semenanjung Bache mungkin sisa-sisa rumah panjang akhir periode batu Dorset.
Orang Eropa pertama yang melihat pulau setelah puncak "Little Ice Age" adalah William Baffin tahun 1616. Pulau Ellesmere diberi nama pada tahun 1852 oleh ekspedisi Edward Inglefield setelah Francis Egerton, 1st Earl of Ellesmere. Ekspedisi Amerika yang dipimpin oleh Adolphus Greely pada tahun 1881 menyeberang pulau dari timur ke barat. Ekspedisi Greely menemukan hutan fosil di Pulau Ellesmere di akhir 1880-an. Stenkul Fiord pertama kali mengeksplorasi pada tahun 1902 oleh Per Schei, seorang anggota Ekspedisi Otto Sverdrup 2nd Norwegian Polar .
Lapisan es Ellesmere didokumentasikan oleh Ekspedisi Kutub Utara Inggris pada 1875-1876, di mana partai Letnan Pelham Aldrich pergi dari Cape Sheridan (82°28′N 61°30′W) barat ke Cape Alert (82°16′N 85°33′W), termasuk Lingkungan berburu lapisan es. Pada tahun 1906 Robert Peary memimpin sebuah ekspedisi di utara Pulau Ellesmere, dari Cape Sheridan sepanjang pantai ke sisi barat Nansen Sound (93 ° W). Selama ekspedisi Peary, Lapisan Es itu berkelanjutan, perkiraan sekarang adalah bahwa itu mencakup 8.900 km2 (3.400 mil ²).
Pada tahun 2011, Jon Turk dan Eric Boomer menyelesaikan mengelilingi pertama yang diketahui dari Pulau Ellesmere.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ellesmere

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Blinking Cute Box Cat